Feb 28, 2013

Apakah gue (Android User) pantas untuk mendapatkan Blacberry Z10?


Pada zaman modern ini sudah gak aneh dengan yang namanya internet dan gadget apa lagi dengan yang namanya smartphone.


Yaap di dunia ini sudah banyak smartphone yang bertebaran seperti nokia dengan lumnia, apple dengan iphone, android dengan samsung, dan blackberry dengan blackberry-nya.


Tapi kali ini gue gak akan menjelaskan semua smartphone, gue hanya menjelaskan blackberry dengan blackberry keluaran terbarunya yaitu Blackberry Z10.




Blackberry



Blackberry adalah operating system yang sama seperti iphone namaun tidak serupa.



Apa maksud dari sama tapi tak serupa?

Operating System blackberry hanya berdiri sendiri artinya hanya dia yang menciptakan OS-nya dan handphone-nya. Seperti iphone bukan? tetapi tentu saja OS-nya berbeda, itulah yang membuatnya tidak serupa.


Tetapi kali ini blackberry mulai membuka dirinya maksudnya mulai memperbolehkan vendor lain untuk menggunakan OS blackberry.


Jadi, untuk menghadirkan ponsel BlackBerry 10 dengan harga murah, BlackBerry secara tak langsung mempersilakan produsen lain untuk memproduksi perangkat hardware-nya dan membeli lisensi perangkat lunaknya dari BlackBerry.


Kabar produsen ponsel BlackBerry ini akan membuka lisensi sistem operasi BlackBerry 10 untuk dipakai di produsen lain sebenarnya sudah santer terdengar. Sebelum peluncuran BlackBerry 10 pada 30 Januari lalu.


Jadi bersiaplah melihat ponsel-ponsel murah dengan merek Acer, Asus, HTC, Huawei, atau Lenovo yang menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 dan tentu saja mempunyai fitur BlackBerry Messenger.


Untuk BlackBerry, ini merupakan kali pertama mereka melepaskan lisensi sistem operasinya. Dapat menjadi sesuatu yang positif jika hal ini memperluas penggunaan BlackBerry 10. Namun, hal itu bisa juga menjadi negatif karena tentu akan mengurangi porsi penjualan perangkat BlackBerry 10 buatannya sendiri.


Strategi yang dilakukan BlackBerry ini mirip yang dilakukan Google dengan Android-nya dan sudah terbukti sukses. Apakah BlackBerry akan sesukses Android? Kita lihat saja nanti :D hehe



Blackberry Z10


Smartphone BlackBerry Z10 sendiri adalah smartphone full touchscreen flagship BlackBerry yang dibekali dengan sistem operasi BlackBerry 10 yang dikembangkan dengan kernel QNX yang mengusung peningkatan fitur signifikan dari BlackBerry OS 7.


BlackBerry Z10 datang dengan layar berukuran 4,2 inci dengan resolusi 1280 x 768 piksel dengan kerapatan layar mencapai 355 pixel per inch (ppi). Dapur pacu BlackBerry Z10 ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon S4 dual-core dengan kecepatan 1,5GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB.


Tak hanya itu, BlackBerry Z10 ini dibekali dengan memori internal sebesar 16GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. BlackBerry Z10 ini dibekali kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel dan kamera depan 2 megapiksel.


Selain itu ada pun kemampuan di keyboardnya yang menarik yaitu fitur peramal kata, peramal kata ini bisa memprediksi tiga bahasa yang berbeda. Bahasa Indonesia termasuk di dalamnya yang didukung oleh keyboard BB10 ini.


Kata-kata yang diprediksi pun tak melulu dari basis data yang ada, tetapi dapat "belajar" dari kata-kata yang sering digunakan oleh pengguna. Jadi, kata-kata yang diprediksi tak selalu kata baku.

Susunan keyboard yang nyaman dan fitur peramal kata inilah yang menjadi andalan virtual keyboard BlackBerry 10 agar pengguna dapat mengetik dengan cepat dan cukup menggunakan satu tangan saja.


Ponsel dengan sistem operasi BlackBerry 10 tak lagi memerlukan paket khusus BlackBerry Internet Service (BIS) untuk menjalankan layanan yang berhubungan dengan akses internet, dari e-mail, jejaring sosial, browsing, sampai pesan instan BlackBerry Messenger (BBM). Anda cukup berlangganan layanan data dari operator. Dengannya, semua layanan yang berkaitan dengan internet sudah berjalan sempurna.


Pihak blacberry pun mengaku bahwa pembuatan aplikasinya lebih mudah ketimbang pembuatan aplikasi untuk android.

Sangat menarik bukan?? 


Realita Blackberry


Gue adalah seorang Android user yang masih belajar dan seorang pelajar di SMAN 4 DEPOK yang insyaallah tahun ini bakalan lulus 100%. Aamiin ^^ *back to the topic*


Di sekolah gue banyak banget blackberry user bahkan hampir satu sekolah, guru-gurunya juga pun ikut termasuk. ._.


Tetapi dengan sekian banyaknya blackberry user ada kemirisan yang tersembunyi.


Yapp waktu itu gue pernah nanya ke temen yang seorang blackberry user.


Begini pertanyaannya “Bro lo kenapa kok make blackberry?”
Dia pun menjawab “Soalnya banyak yang make bb dan ada BBM-nya
Gue pun langsung terdiam dan senyum aneh *gak tau dah jadinya gimana -_- wkwk*



“BB IS JUST BBM”  itulah yang melanda sekolah gue dan temen-temen gue atau kalian juga begitu?


Helloooooo "BB IS NOT JUST BBM" seandainya gue punya Blackberry Z10 gue akan memberitahukan temen-temen gue dan guru-guru gue kalo perlu teriak di muka mereka “BB IS NOT JUST BBM”


Asal kalian tahu gue ini sebenernya "ANTI BLACKBERRY" tapi semenjak Blackberry Z10 keluar dan gue nyari-nyari tahu tentangnya gue pun mulai ada "RASA" dengan sang BLACKBERRY ini.


Yaaap gue yakin Blackberry Z10 bakal menjadi revolusioner sang raksasa besar Blackberry karena di Blackberry Z10 ini lu bakal nemuin banyak kelebihan "NOT JUST BBM".


FYI ada loh software untuk meng-convert game/aplikasi dari android ke blackberry. So selain aplikasi yang ada di BB world bakalan ditambahin kalian juga bisa menambah aplikasi lewat aplikasi andorid dengan cara meng-convert-nya terlebih dahulu.

So memang benar kalo BLACKBERRY Z10 pantas dijuluki sang REVOLUSIONER :)


Sumber : 
 tekno,kompas.com
 sidomi.com
 infodariom.blogspot.com
 google.com


2 comments:

Unknown said...

Sayangnya ane gak tertarik sama android lagi gan gimana dong,,, SENT from my blackberry Z10 android runtime environtment header jelly bean,,,,,,itu artinya blackberry 10 bisa menjalankan aplikasi2 android jellybean sekarang sudah ada 28ribu aplikasi2 android jellybean termasuk instagram yg sudah di jalankan blackberry 10

Unknown said...

Kalo android yg jalankan aplikasi2 blackberry 10 bisa bootlop itu android ,,udah gak kuat om udah tua

My Name Is Taurusa. Powered by Blogger.

Blogger templates

 
;